Selasa, 10 Maret 2015

Tongseng Kambing Praktis


Pertama kali saya mencicipi tongseng kambing, pada waktu saya kuliah di Jogjakarta. Kalau di Ponorogo kota asal saya, nggak ada yang namanya tongseng kambing. Yang ada adalah gule kambing. Sedangkan di Cilegon, kota dimana saya menempuh pendidikan SMU, olahan kambing berkuah yang lazim adalah sop kambing.

Jadi anak kuliah yang uang kiriman pas-pasan tongseng ini merupakan makanan mewah untuk saya. Jajan tongseng juga paling sebulan sekali aja.. hiiksss.. Dan selalu beli untuk dibungkus, untuk dimakan di kos-kosan karena nasi sudah masak sendiri. 1 porsi tongseng bisa untuk 2 kali makan, pas beli, pesen ke bapak penjualnya untuk banyakin kolnya. hahaha.. Antara ngirit dan memang duluu makannya cuma dikitt.. jauh beda sama sekarang. Lha iya jelas jauh beda, wong berat badannya aja sekarang hampir 2 kali lipatnya dibandingkan dulu jaman masih kuliah. hiikss...

Sekarang makan tongseng bisa sepuasnya deh.. Masak sendiri nggak kalah sedapnya dengan tongseng yang beli dulu waktu kuliah..



Di Ruwais daging kambing mudah didapatkan dan harganya sedikit lebih mahal daripada daging sapi.. Olahan berbahan daging kambing disini lebih populer dari pada daging sapi. Oh iya kenapa saya kasih judul tongseng kambing praktis, karena saya pakai bumbu gule instant.. Mau bikin bumbu sendiri saya nggak punya rempah-rempah untuk bumbunya..

Tongseng Kambing Praktis
by Rahmayanti Taufiq

Bahan:
- 500 gram daging kambing, potong kecil seperti potongan untuk sate
- 1 sachet bumbu gule (saya pake merk bamboe)
-100 gr kol / kubis, potong agak besar
- 2 buah tomat ukuran sedang, potong agak besar
- 7 buah cabai rawit utuh
- 700ml air
- 300 ml santan encer
- 3 sdm minyak goreng
- 1 sdm kecap manis
- garam secukupnya (saya hanya menambahkan sedikit garam)
- kaldu sapi bubuk (bila suka)

Bumbu tambahan:
- 5 buah bawang merah, iris tipis
- 3 buah bawang merah, iris tipis

Cara membuat:
Panaskan minyak dalam wajan cekung atau panci, tumis bawang merah dan putih hingga harum dan agak kering, masukkan bumbu gule instan, aduk sebentar.

Masukkan daging kambing, aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan daging kambing berubah warna, masukkan 700 ml air. Masak hingga daging kambing empuk.

Setelah daging kambing empuk, masukkan cabai rawit, kecap, santan encer, tambahkan garam, kaldu bubuk. Kecilkan api kompor dan masak hingga santan mendidih,sambil sesekali diaduk. Koreksi rasa dan siap dihidangkan, lebih sedap bila ditambahkan taburan bawang goreng..

## Bagi teman-teman yang tidak suka daging kambing, bisa pakai daging sapi, ayam, tahu, bahkan jamur pun enak di masak tongseng. Selamat berkreasi yaa:)


5 komentar:

  1. nampak enyakk..hihi iyaa ya ingat jaman ngekos..seporsi bisa buat makan berapa kali :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. seninya jd anak kos..hihi.. pengalamannya sm ya mbak :D

      Hapus
  2. teman-teman... maafffff dikarenakan kegaptekan saya yg luar biasa... comment2 kok jd terhapus.. hiiksss... #ngeplak pala sendiri... berhubung blogger anyaran ceritanya bersih2 bagian comment yg udah dibales di bag "diterbitkan", trus sy delete.. lha kok ternyata di tampilan blog comment e ilanggg.. hiikss..

    padhal saya senenggg bgt ada yang mampir n comment.. duh maap bgt ya teman2..

    BalasHapus