Minggu, 29 Maret 2015

Bakso Sapi dan Tahu Bakso


Tik.. tok.. tik.. tok... Baksooo baksooo....
Kalau di Indonesia sih mamang bakso banyak berseliweran yah, atau kita bisa dengan mudah menemukan warung bakso yang bertebaran. 

Tapi bagi perantau seperti saya mau nunggu mamang bakso lewat atau berharap ada warung bakso dideket taman, itu sih cuma ada di khayalan.. hehehe.. kalau kepengen makan bakso, solusinya kalo nggak pesen ke teman sesama Indonesia yang memang jualan bakso, yaa bikin sendiri.


Karena saya suka memasak, jadi berusaha untuk bisa membuat bakso sendiri. Setelah mencoba dan mencoba akhirnya menemukan takaran yang menurut saya pass. Dan kata suami, serta teman-teman yang mencoba, tekstur baksonya sudah mirip dengan yang dijual, bisa kenyal. Walaupun tanpa bahan pengenyal lhooo.. Senangnyaaaa... #dancing


Biasanya kalau makan bakso, saya dan suami kurang suka menggunakan mie.. Jadi istilahnya bakso kosongan saja, hanya bakso, kuah dengan daun bawang dan seledri. Sambelnya kadang bikin sambal rebus, kadang cabe rawit diiris saja.

Dan untuk kuahnya, bawang putihnya saya goreng utuhan dulu hingga permukaan kecoklatan, baru saya ulek kasar. Aromanya jadi lebih wangi dan tidak sengar (bau bawang kan kadang suka nggak enak gitu).



4 komentar:

  1. asalamualaikum bunda...sedap nya bakso..yan pengemar bakso....dekat malaysia juga banyak jualan bakso...kan kita serumpun :-))

    bunda ..syer dong resep buatan bebola baksonya

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam.. waahh.. bunda yan penggemar bakso juga yah.. hehehe..
    Resep sudah saya tulis di posting terbaru.. silahkan dilihat.. :)

    BalasHapus
  3. Baksonya benar-benar menggiurkan mba....wuahh....kalau gitu baksonya sudah serasa di Indonesia ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. pokonya gak kalah donk sama yg di jual.. hehehe

      Hapus