Rabu, 25 Maret 2015

Sosis Bakar Lada Hitam



Beberapa waktu yang lalu, adek saya mengirimkan BBM menanyakan bagaimana cara membuat sosis bakar. Dia pengen bisa bikin sendiri karena suaminya suka sosis bakar. Selama ini biasanya beli sosis bakarnya. Ketika ditanya saya hanya mengira ngira apa ya bumbunya, karena saya sendiri belum pernah bikin. Saya bilang "kayanya cuma kecap, saos tomat dan merica"

Sampai akhirnya saya blog walking ke blog mbak Diah Didi dan hualaaaa... ada menu sosis bakar lada hitam.. wahh.. wajib dicoba nih, dipraktekin dulu resepnya.. baru tar kasih tau ke adek. Pas dicoba eeh.. enaakkk.. aromanya seperti lagi bikin beef steak, benar-benar  yummyy.. hehehe..

Untuk anak-anak, hanya sedikit saya oles bumbunya.. dan setelah dibakar saya tusuk dengan tusukan sate agar lebih menarik..

Sosis Bakar lada Hitam

Bahan:
- 10 buah sosis (kalau menggunakan sosis beku, rendam dulu dengan air panas, lalu kerat-kerat)
- 1/4 buah bawang bombay, iris panjang
- 1 sd makan kecap manis
- 1 sd makan saus tomat
- 1 siung bawang putih, haluskan
- 1 buah bawang merah, haluskan
- 1/2 sendok teh lada hitam bubuk (saya pake lada hitam utuh,lalu diulek)
- 1 sd teh saus tiram (tambahan saya sendiri)

Cara membuat:

Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga harum dan matang, matikan api lalu masukkan kecap, saus tomat, saus tiram dan lada hitam, aduk

Olesi sosis yang sudah dikerat dengan saus oles.. Bakar di pan / wajan anti lengket dengan api kecil. Sajikan selagi masih panas..

Dijamin yummy dan gampang bangettt!! ^_^



1 komentar:

  1. Looks yummy mbak😊 boleh nih dicoba.. gampang juga😀

    BalasHapus