Minggu, 01 Maret 2015

Bebek Goreng Sambal Mangga



Pada waktu pulang ke Indonesia bulan desember tahun lalu, seperti biasa kami sekeluarga selalu ke Madura ke rumah mertua. Suami saya berasal dari kota Pamekasan Madura. Naahhhh.. setiap mudik ke Madura kami selalu mampir ke rumah makan bebek goreng yang terkenal seantero jagad (lebayyy>.. qiqiqi) yaitu bebek "Sinjay" yang berada di kota Bangkalan, tak jauh dari pintu tol jembatan suramadu.

Sebenernya bebek goreng di RM Sinjay tuh biasa aja rasanya sama seperti bebek goreng pada umumnya. Yang bikin beda sambelnya pake sambel mangga muda, jadi rasanya unik. asem pedes segerrr.. 

Tiba-tiba kok itu bebek goreng sambal mangga menari nari di mata. hahaha ..Merantau jauh dari tanah air kalo lagi kangen sama kuliner indonesia tentunya harus mau masak sendiri. Beruntungnya bebek tersedia di Ruwais. Bebek bule, import dari Brazil kalo tidak salah. 1 ekor bebek beratnya 2kg, putih mulus dan montok. qiqiqi.. Berbeda dengan bebek indonesia yang langsing-langsing kadang berwarna kehitaman. Tapi kalo rasa lebih enak bebek Indonesia, lebih gurih. Bebek bule ini cenderung sepo (hambar) rasanya. Perbandingannya seperti halnya ayam kampung dan ayam broiler gitu.

Untuk membuat bebek goreng ini saya menggunakan teknik marinade,agar bumbu lebih meresap. Jadi bebek saya rendam dulu bersama bumbu selama minimal 3jam dalam wadah tertutup dan saya simpan dikulkas,baru saya ungkep. Cara ini berhasil menambah cita rasa bebek goreng ini, terbukti 2 kali ngungkep bebek hasilnya selalu dapat pujian pak suami. #gak terpaksa kan yah mujinya??? qiqiqqii.. Sebelum mencoba cara marinade, bebek langsung saya ungkep, tapi rasanya kurang maknyuss gitu. 





Berikut ini ya resep bebek goreng sambal mangga ala bunda maya...

Bebek Goreng
by Rahmayanti Taufiq

Bahan:
1 ekor bebek potong-potong, berat bebek yang saya masak 2kg
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai, geprek
5cm lengkuas, geprek
5cm jahe, geprek
1/2 sendok teh asam jawa
1 bungkus kaldu bubuk, saya pake royco rasa ayam
1 sendok teh garam, bisa kurang atau lebih sesuai selera
1 sendok teh gula putih
1,5 liter air

Bumbu Halus:
15 buah bawang merah
15 buah bawang putih
1 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh merica bubuk
5 buah kemiri
1/2 sendok teh terasi

Cara Memasak:
1. Lumuri bebek yang telah dipotong dengan perasan jeruk nipis atau lemon, diamkan 30menit lalu cuci.
2. Blender bumbu sampai halus.. Siapkan wadah untuk marinade, campur bumbu dengan 1 liter air, garam, gula, kaldu bubuk dan bahan lain. masukkan bebek dan simpan dalam kulkas minimal 3 jam.
3. Setelah 3 jam pindahkan rendaman bebek beserta bumbu dan bahan lain ke dalam panci atau wajan. Lalu tambahkan 500ml air dan ungkep sampai bebek empuk.
4. Jika bebek sudah empuk, pisahkan bebek dari air. lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Sisa bebek yang belum di goreng simpan di wadah tertutup dan masukkan kekulkas ya.. BIsa jadi stok untuk lauk deh..




Sambal Mangga
by Rahmayanti Taufiq

Bahan:
2 buah mangga muda kecil, serut
7 buah cabe rawit merah
1 siung bawang putih
seujung sendok teh terasi (terasi bakar/kukus/goreng dulu)
garam sesuai seleras
2 sendok makan minyak panas

Cara:
Ulek bahan hingga halus, mangganya gak usah diulek ya.. :D setelah itu campurkan dengan mangga serut dan siram dengan minyak panas. Jadi deh sambal mangga.. 

Oh iya karena saya tidak terlalu suka rasa asam jadi setelah di serut, mangga saya cuci dulu dengan air matang. lalu di peras dan tiriskan. 


1 komentar: