Minggu, 08 Maret 2015

Ikan dan Tahu Masak Kuah Kuning


Seringkali saya kebingungan atau kehabisan ide untuk menentukan hendak memasak apa hari ini. Walau sebenarnya suami dan anak-anak Alhamdulillah bukan tipe pemilih dalam hal makanan. Kalau cocok makannya banyak, kalau nggak cocok ya sedikit. :D

Untuk anak-anak mereka lebih suka masakan yang berkuah daripada yang kering-kering, seleranya sama kayak bundanya. Sedang Ayahnya lebih suka yang kering-kering. Punya ikan 1 ekor yang tidak terlalu besar, mau di goreng saja udah bosen sama ikan goreng. Akhirnya kepikiran dimasak kuah kuning aja sama tahu, anak-anak pasti suka.

Saya nggak tau nama jenis ikan yang saya masak ini, beli di supermarket sudah kondisi bersih dan di potong jadi 6 bagian. Biasanya kalau belanja mingguan saya suka lihat-lihat di rak ikan yang sudah dibersihkan, kalau ada yang menarik dan belum pernah nyoba jenis ikan itu, maka saya beli. Seperti ikan ini, baru pertama kali saya mencobanya. Sayangnya saya tidak tau jenis ikan apa ini. hehe.. Rasanya sih mirip ikan kakap.




Ikan jenis apa saja bisa ya dimasak bumbu kuning seperti ini.. Mau ikan air tawar atau ikan laut boleh-boleh saja. ^_^

Ikan dan Tahu Masak Kuah Kuning
by Rahmayanti Taufiq

Bahan:
- 1 ekor ikan seberat 500gr, potong jadi enam bagian, bumbui dengan garam dan goreng hingga matang
- 500gr tahu putih, potong sedang bentuk segitiga dan goreng hingga matang
- 7 buah cabai rawit merah
- 3cm jahe iris jadi 3 (tidak di keprek)
- 3 lembar daun jeruk
- garam sesuai selera
-1/4 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
- 4 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu
- 500 ml santan encer

Bumbu halus:
- 10 butir bawang merah
- 5 bawang putih
- 1/2 sendok teh kunyit bubuk
- 1/4 sendok teh ketumbar
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat:
Siapkan wajan atau panci, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum
Masukkan jahe dan daun jeruk, aduk-aduk sebentar
Masukkan ikan dan tahu yang telah digoreng, aduk
Lalu masukkan santan dan cabai rawit merah utuh, tambahkan gula, garam, dan kaldu ayam bubuk, aduk sesekali dan masak hingga santan mendidih. Koreksi rasa ya sebelum disajikan.

Sebagai pelengkap lauk, saya juga membuat urap. Kebetulan stok bumbu urap masih ada di freezer, saya kalau membuat bumbu urap sekalian banyak dan saya bagi kedalam plastik kira-kira untuk 1 kali penyajian. Jadi tinggal merebus sayur-sayuran sesuai stok. Untuk resep urap menyusul ya.. :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar