Minggu, 29 Maret 2015

Bakso Sapi kenyal (Resep dan step by step proses pembuatan dengan Foto)



Siapa yang suka bakso??? Sayaa... #ngacung tinggi.. hehehe..
Bakso memang makanan populer di Indonesia yang digemari anak-anak hingga orang tua. Di perantauan sering kali merasa kangen berat pengen jajan bakso, tapi nggak ada mamang bakso lewat ataupun warung bakso. Jadilah berusaha untuk bisa membuatnya sendiri.

Awal percobaan dulu ketika baru tiba di Ruwais, nekad bikin dengan modal kira-kira saja. Dulu karena apartment masih baruuu jadi belum dipasang koneksi internet, jadi nggak bisa browsing resep. Percobaan pertama saya pikir bakso itu campuran daging dan terigu, nguplek di dapur nyampurin, daging, terigu dan bumbu-bumbu.. hasilnyaaaaa... hahahaha... teksturnya lembekkkk, rasanya aneehh.. gak layak makan deh.. hikss..

Percobaan selanjutnya setelah browsing resep.. Hasilnya masih sering bakso nggak kenyal, empuk.. walaupun sudah bisa dibentuk bulat. Setelah banyak mencoba dan belajar dari kesalahan, akhirnya saya menemukan resep hasil kutak katik, yang saya rasa sudah pas. Kenyalnya dapet, sudah seperti bakso yang dijual. Jadi sekarang di freezer hampir selalu ada stok bakso, kalau pengen tinggal ke dapur nguplek sebentar jadi deh bakso panas yang menggugah selera.. he..he..he..

Oh iya.. Untuk kuah bakso saya lebih senang menggunakan kaldu ayam, daripada kaldu sapi. Karena menurut saya proses membuat kaldu ayam lebih cepat, kalau kaldu sapi apalagi dari tulang,api terlalu besar bisa bikin kuah keruh. Kalau beli ayam, biasanya saya sisihkan bagian leher, dan ujung sayap yg kecil, dan bagian punggung untuk membuat kaldu / kuah bakso. Saya sisihkan diplastik tersendiri dan simpan di freezer, untuk sewaktu waktu digunakan membuat kuah bakso. 

Lanjut ke resep saja ya.. Kebetulan beberapa waktu lalu saya membuat bakso dalam jumlah yang lumayan banyak (3kg daging) untuk konsumsi arisan dan saya sempatkan untuk mengambil foto step by step proses pembuatannya ^_^

Bakso Sapi
By Maya Taufiq

Bahan:
- 500 gram daging sapi giling (tanpa lemak)
- 100 gram tepung tapioca
- 200 gram es batu, hancurkan
- 1 putih telur 
- 3 siung bawang putih, goreng utuh hingga permukaan kecoklatan lalu ulek halus
- 1 sdm bawang goreng, halusknan
- 1/2 sdt kaldu sapi bubuk (saya pakai royco)
- 1/2 sdt merica bubuk
- 2 sdt garam halus (sesuai selera)
- sejumput baking paowder (fungsinya untuk membuat tekstur bakso lebih kres, tidak pakaipun tidak mengapa.. tapi kalau mau pakai sedikiittt saja, kalau kebanyakan membuat bakso mengembang dan kurang enak)


bahan pembuatan bakso

Cara Membuat:

Panaskan air dalam panci, nantinya untuk merebus bakso.


cara membuat step 1

Step ke 1 - Masukkan daging giling, 1/2 bagian es batu, beserta bumbu-bumbu ke dalam food processor. Proses hingga semua tercampur rata, dan es batu benar-benar hancur.


step ke 2
Step ke 2 - lalu tambahkan 1/2 bagian (sisa) es batu dan putih telur. Proses lagi hingga daging halus, seperti pada foto. Lalu matikan food processor.


step ke 3
Step ke 3 - Selanjutnya dengan kondisi food processor mati, tambahkan 1/2 bagian tepung tapioca, lalu proses kembali hingga tercampur. Dan tambahkan kembali sedikit demi sedikit tapioca (food processor tetap menyala) hingga tepung habis. Apabila food processor panas, matikan dahulu beberapa saat lalu nyalakan kembali dan proses hingga adonan halus dan licin.

step ke 4
step ke 4


Step ke 4 - Pindahkan adonan bakso dari food processor ke dalam mangkuk besar, turunkan panci yang telah berisi air panas (mendidih) ke lantai atau meja. 
siapkan sendok makan, celupkan ke dalam air. pegang sendok pada tangan kiri, dengan tangan kanan ambil sedikit adonan lalu tekan (seperti gerakan mengepalkan tangan) dan biarkan adonan keluar dari sela jari telunjuk dan jempol.
Terkadang butuh beberapa kali gerakan mengepal untuk mendapatkan adonan bakso yang bulat. Ambil adonan bakso yang sudah terbentuk bulat, dengan sendok makan, lalu masukkan ke dalam  air panas. Lakukan sampai adonan habis, sesekali celupkan sendok ke air panas, agar saat mengambil adonan yg sudah dibulatkan tidak menempel di sendok.

NOTE:: Adonan yang sudah dibulatkan tidak langsung dimasak pada api yang menyala, karena kalau air panas mendidih adonan bisa pecah. Oleh karena itu didihkan air, lalu turunkan dari kompor. bisa juga diatas kompor dengan api dimatikan, tapi kan capek yaa kalau sambil berdiri mbuletin baksonya. hehehe..

step ke 5

Step ke 5 - Setelah semua adonan habis, sudah dibulatkan. Lalu rebus bakso, dengan api sedang hingga bakso mengapung dan matang. Setelah matang angkat bakso, letakkan pada wadah berlubang lalu siram bakso dengan air, untuk membersihkan jika ada kotoran dari rebusan yang menempel. Dan baksopun sudah jadi... cihuuyy...


Bakso sudah jadi


Tahu Bakso
Tahu Bakso
- Untuk membuat tahu bakso, potong tahu bentuk segi tiga berukuran tidak terlalu besar
- Goreng tahu hingga matang dan kecoklatan, sayat salah satu sisi
- Isi tahu dengan adonan bakso, lalu rebus hingga matang

Kuah Bakso
- Rebus ulang ayam atau tulang sapi dengan api kecil, buang buih-buih kotoran. Tambahkan seledri dan daun bawang utuh tanpa di potong lalu simpulkan.
- Bumbu bakso, bawang putih yang di goreng utuh hingga kecoklatan, lalu geprek, masukkan ke rebusan kaldu, tambahkan merica bubuk,kaldu ayam / sapi bubuk, sedikit gula dan garam sesuai selera. Nah agar kuah lebih wangi tambahkan bawang goreng, bukan hanya sebagai taburan tapi ikut dimasak. nanti pada waktu penyajian tabuti bawang goreng

NOTE: Mohon maaf untuk kuah saya tidak bisa memberikan takaran detail jumlah tulang, air bumbu dll. Karena saya hanya mengira ngira dan lupa tidak dicatat

Pelengkap Bakso:
- Sambal rebus
- Sawi rebus
- Mie
- irisan daun bawang dan seledri
- bawang goreng untuk taburan

Bakso dan tahu bakso siap untuk konsumsi arisan 





13 komentar:

  1. Tq bunda ..bunda merica bumbu tu apa

    BalasHapus
  2. Aku suka sekali bakso. tapi belum pernah buat nih mbak

    BalasHapus
  3. Bikin bakso suka gagal dan sukses, kadang sukses kadang gagal.. Sayangnya saya belum punya food procsr,,, Kapan2 pengen coba resep ini, apalagi itu tahu baksonya saya paling suka dimakan pakai saus atau bumbu kacang duuuh ngileeerr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. saya jg berkali kali mencoba sampe akhirnya berhasil.. iyaa sama mbak saya juga suka sekali tahu bakso.. kalau saya digoreng trus pake cabe rawi.. ehmm nyaamm...

      Hapus
  4. Bisa tau kira kira baking powdernya brp sendok y?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seujung sendok teh aja bund... kadang saya malah gak pakai.. :)

      Hapus
  5. Saya bawa ke pasar aja buat giling adonan baksonya hehehe ada kok khusus giling bakso

    BalasHapus
  6. terima kasih infonya
    cek website cipto rental mobil yuk Rental Mobil Malang

    BalasHapus
  7. Suka bakso dan suka bikin bakso juga. Yummy, salam dari Ummikoki, cara membuatnya KLIK resep bakso sapi

    BalasHapus