Selasa, 26 Mei 2015

Kue Sus Klasik


Yeeeiiyyy akhirnya berhasil bikin kue sus... Setelah duluuuu saya beberapa kali nyoba bikin kue sus ini tapi gagal.. hiikss... jadi kulitnya nggak mau ngembang pernah, ngembang tapi bawahnya gosong pernah.. sebagian ngembang tapi sebagian kempes pernah juga. 

Karena sudah lama nggak nyoba bikin kue sus, kok ya penasaran, apa masih gagal ya kalau bikin kue sus. Bismillah nguplek di dapur, adonan masuk oven bolak balik diintipin. Ngintipnya dari kacanya aja ya, kan oven nggak boleh dibuka dulu sampai dirasa sudah kokoh adonannya dan gelembung-gelembung di kulit susnya sudah kering. Panas oven saya setting 200 C, ketika sudah mulai ngembang adonan, panas saya turunin 150 C. Takut gosong lagi bawahnya. Dan Alhamdulillah kali ini berhasil... Matang merata, nggak gosong dan nggak kempes.. xixixxi..

Kalau untuk filling sus dari dulu sih selalu berhasil bikinnya.. Cuma belum nemu rasa yang pas, lain kali harus nyoba bikin lagi, kutak kutik resep filling. Oiya untuk sus ini saya pakai resep mbak hesti, untk kulit pastrinya sudah cocok dengan resep ini. Hanya komposisi air saya ganti dengan fresh milk, jadi lebih gurih kulitnya. :)



Kue Sus Klasik
Sumber resep: HESTI'S KITCHEN

Bahan kulit:
  • 150 gr margain
  • 150 gr terigu protein sedang (saya pakai all purpose flour)
  • 250 ml air (saya ganti dgn fresh milk)
  • 1/4 sdt garam (nggak pake)
  • 4 butir telur ukuran besar
Bahan filling:
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 600 ml air
  • 6 sdm gula pasir (saya pakai 5 sdm)
  • 30 gr tepung maizena / custard (saya pakai tepung custard)
  • 30 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm unsalted butter
Cara Membuat Kulit Sus:
  1. Masak air, margarine dan garam, didihkan sambil diaduk. Matikan api, lalu masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis dan adonan tidak bergerindil. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu satu, kocok/mixer hingga rata.
  3. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, taro spuit di dasar kantong. Lalu semprotkan di atas loyang yang sudah di olesi margarine.
  4. Panggang adonan  dengan panas 200 C sampai adonan matang kuning kecoklatan / busa busa pada adonan sudah tidak ada. Kalau takut gosong setelah adonan naik panas bisa turunkan kira-kira 150-180 C. Selama memanggang oven tidak boleh dibuka. Setelah matang, dinginkan.
Cara Membuat Filling:

Campur semua bahan kecuali butter, lalu saring. Lalu dimasak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih dan meletup letup. Masukkan butter aduk rata. Vla yang sudah matang, tempatkan pada wadah dan tutup dengan cling wrap, dinginkan.
Penyelesaian, buat sayatan pada kulit sus lalu isi dengan vla. Sajikan.. :)





16 komentar:

  1. Salam sis...penah coba juga kue nie..emang repot buatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak yan.. maya sudah 5 kali lebihlah coba buat dan baru kali ini berhasil sempurna.. anak dan suami suka jadi semangat mencobanya :)

      Hapus
  2. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  3. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  4. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus
  5. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    BalasHapus
  6. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  7. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  9. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    BalasHapus
  10. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  11. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    BalasHapus
  12. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    BalasHapus
  13. Hei, kamu sudah dengar musik ini belum??? saya menemukannya di youtube dan ternyata keren banget... coba deh dengerin....

    BalasHapus
  14. selamat malam, uwaaah... websitenya bagus nih gan, bikin kalem hati, keep posting gan. .Saya tunggu postingan menarik lainnya di website ini. Thank you

    BalasHapus